Ayat-Ayat Jihad Akan Diluruskan Oleh Tim Penanggulangan Terorisme

Minggu, 20 November 2005 10:19
Kapanlagi.com – Ayat-ayat tentang jihad yang disebarkan para teroris akan segera diluruskan oleh Tim Penanggulangan Terorisme yang dibentuk Departemen Agama.

“Tim ini akan menyebar-luaskan paham yang benar tentang jihad,” kata Sekretaris Jenderal Depag Faisal Ismail seusai pelaksanaan qurah (undian) pemondokan bagi jemaah haji di Mekkah, di Jakarta, Sabtu (19/11).

Dikatakan Faisal, para teroris mengambil ayat-ayat keras yang menganjurkan berperang namun tidak mengaitkannya dengan ayat-ayat lain yang melatarbelakangi atau yang mendampinginya.

“Kalau dalam membaca ayat mengaitkannya dengan ayat lain yang mendampinginya, tentu orang akan mengambil makna jihad yang sebenarnya. Jadi akan ada pengertian di mana dan kapan jihad dilakukan dan kapan tidak,” katanya.

Menurut Faisal, arti sesungguhnya dari kata jihad adalah sungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu, seperti sungguh-sungguh menafkahkan hartanya di jalan Allah atau bersungguh-sungguh menuntut ilmu karena Allah dan bukan berarti hanya berperang.

Dalam tim tersebut, ujarnya, akan dibentuk kelompok-kelompok kerja yang di antaranya membuat daftar buku-buku yang berpotensi menyulut radikalisme dan menulis buku-buku yang mengimbangi buku-buku tentang seruan jihad yang disebarkan kelompok teroris.

Ia mengaku belum mengetahui secara detil konsep tentang pembentukan tim tersebut dan mengatakan bahwa tim itu dibentuk Menag sebagai tindak lanjut dari arahan Wapres pada Kamis malam (17/11) saat Wapres bersama para tokoh agama menonton bersama tayangan video tentang jihad kelompok Dr Azahari.

Ketua tim tersebut, lanjut dia, akan diduduki Ma’ruf Amin yang selama ini merupakan Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tim yang akan dibiayai oleh anggaran Depag itu akan dilantik Menag sepulang dari pertemuan menteri-menteri wakaf di Kuwait dan peninjauan persiapan penyelenggaraan haji 2006 di Arab Saudi setelah 27 November. (*/lpk)

Sumber: http://www.kapanlagi.com

Advertisements

~ by abunaweed on December 15, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: