OBSESSION: Perang Islam Radikal terhadap Barat: Sebuah Tanggapan

Mubasher Maulana Ahmad*

Film dokumenter ” OBSESSION: Perang Islam Radikal terhadap Barat” menyajikan adegan-adegan yang mengerikan dan grafis yang diambil dari TV Arab menunjukkan mullah radikal di seluruh dunia mendakwahkan kebencian dan semangat berbuat kekerasan serta Jihad terhadap Barat dan Amerika Serikat. Ini adalah film propaganda yang disiapkan untuk menakut-nakuti orang-orang Kristen dan untuk mendapatkan simpati untuk orang-orang Yahudi dan Israel. Tanggapan berikut atas film dokumenter ini disajikan pada 9 Juni 2007 di Pertemuan Tahunan Konferensi Asosiasi Injili Illinois Utara yang diadakan di St Charles, Illinois. Setelah mendengarkan tanggapan, banyak pendeta Kristen mengkritik film dan mengatakan bahwa itu dibuat dengan motivasi yang salah.


Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, Tuhan kami, tolong kami untuk menyatukan hati kami dalam memelihara dan melayani Kehidupan, dan anugerahkan kami kebijaksanaan dan kekuatan untuk melawan kekejian orang-orang yang mengajarkan kekerasan dan menganjurkan kematian!
Ya Allah, biarkan kasih sayang, rahmat, dan pengampunan – seperti yang diajarkan dan dipraktekkan oleh Yang Mulia Nabi Muhammad (saw.) terhadap musuh paling sengit – menggantikan kemarahan, dendam, kekerasan dan penindasan!
Ya Allah, biarkan cinta tanpa syarat – sebagaimana diajarkan oleh Yesus Kristus – menang atas kebencian dan permusuhan yang selama ini membayangani kami!
Ya Allah Yang Maha Penyayang! Biarkan cahaya Keadilan dan Perdamaian menghilangkan kegelapan perang dan ketidakadilan! Jadikan kami – Anak cucu Ibrahim – Kristen, Muslim dan Yahudi – untuk berdiri bersama dalam kesatuan untuk membantu mereka yang menjadi korban pelanggaran dalam bentuk apapun di setiap tempat! Amin.
Ekstrimisme Agama dalam Islam
Pertama-tama, kita harus jujur dalam kritik-diri, dan mencoba jujur untuk mengidentifikasi penyebab perang dilakukan oleh umat Islam radikal terhadap Barat, terutama Amerika Serikat.
Kita harus mengakui kenyataan bahwa bagi jutaan umat Islam di seluruh dunia, citra Amerika adalah menyusahkan: Bagi mereka terlihat seolah-olah Amerika Serikat bertekad untuk menyerbu, menduduki atau menguasai minyak negara-negara muslim yang kaya untuk keuntungan ekonomis. Amerika menyeru untuk kebebasan dan demokrasi, tetapi pada saat yang bersamaan telah mendukung diktator otoriter terburuk di dunia dan menindas penguasa di masa lalu, seperti Shah Iran dan tentara Pakistan diktator Jenderal Zia-ul-Haq. Masyarakat Muslim merasa bahwa sikap AS terhadap Israel adalah berbeda dibandingkan dengan terhadap negara-negara Muslim. Pendudukan ilegal Israel terhadap tanah Palestina, membangun permukiman ilegal, dan penggunaan kekerasan tidak akan dikecam oleh Amerika. Tetapi setiap perlawanan Palestina terhadap pendudukan ilegal Israel dinyatakan sebagai “terorisme” dan direspons oleh Israel dengan serangan bersenjata yang luar biasa. Hal ini menyebabkan radikalisasi lebih jauh faksi-faksi perlawanan di Palestina dan di tempat lain di dunia Muslim.
Amerika diketahui menyediakan bantuan keuangan untuk mendukung kekuatan militer Israel untuk mempertahankan pendudukan illegal-nya atas tanah Palestina. Muslim radikal membenci fakta bahwa Israel mendapatkan $ 3 hingga $ 6 miliar dari uang pembayaran pajak Amerika setiap tahun. Itu setara dengan 15 juta dolar setiap hari. Bantuan keuangan ini dianggap telah digunakan melawan kaum muslimin. Mereka menyaksikan kekejaman yang dilakukan terhadap anak-anak mereka, perempuan dan warga sipil dilakukan dengan menggunakan uang Amerika yakin bahwa negara Israel juga memiliki senjata pemusnah massal.
Tambahan, kita juga harus mengerti bahwa hubungan erat Amerika dengan raja minyak Arab Saudi dipandang dengan kecurigaan oleh Muslim radikal. Kota-kota suci Mekkah dan Madinah berada di Arab Saudi. Angkatan bersenjata AS ‘kehadiran di Arab Saudi untuk melindungi Saudi monarki dan ladang minyaknya menyediakan bahan bakar untuk menyulut para penghasut Muslim radikal. Fakta yang tidak cukup dikenal untuk sebagian besar orang Amerika adalah bahwa Saudi mengaku bentuk Islam radikal yang dikenal sebagai Wahhabisme, dan Kerajaan Saudi sangat dermawan mendanai sekolah-sekolah teologis yang dikenal sebagai madrasah di seluruh dunia. Kita harus tahu bahwa madrasah ini adalah inkubator peternakan radikalisme dalam Islam. Dalam madrasah, anak yatim dan anak laki-laki yang miskin diraih dan dilatih untuk menjadi mujahidin. Mereka dilatih untuk membuat bahan peledak dan senjata lain, dan bagaimana menggunakannya. Selain itu, mahasiswa dicuci otak untuk menjadi pelaku bom bunuh diri. Wahhabi Saudi juga memberikan pelatihan kepada para imam (pemimpin agama) dari seluruh dunia-termasuk Amerika Serikat. Imam-imam ini, dilatih di Arab Saudi, lalu datang ke negara-negara Barat dan memimpin jemaah-jemaah Muslim dan mengajarkan radikalisme kepada pemuda Muslim yang menghadiri masjid-masjid mereka.
Film Dokumenter ” OBSESSION ” dirilis pada tahun 2006, namun gagal untuk menunjukkan respons Barat terhadap Islam radikal. Ia benar-benar diam dengan kenyataan bahwa perang global melawan terorisme telah dirantai oleh Barat dan masih terus berlanjut dengan kekuatan penuh.
Dalam beberapa jam dari serangan 11 September, para pemimpin Muslim di seluruh dunia, termasuk semua organisasi Islam utama di Amerika Serikat mengecam serangan tersebut sebagai dosa dan tindakan ilegal dari perspektif Islam. Mayoritas umat Islam di seluruh dunia percaya bahwa serangan 9 / 11 bukan merupakan tindakan Jihad karena semua korban adalah warga sipil, termasuk beberapa individu muslim.
Sebagai tanggapan, Amerika Serikat segera memutuskan untuk tidak hanya untuk menghabisi para pelaku serangan 9 / 11, tapi juga menghukum mereka yang melindungi – daftar tersangka termasuk Afghanistan, Irak, Libya, Sudan, dan Iran. Perang terhadap terorisme dimulai dengan serangan terhadap Afghanistan –salah satu negara yang paling miskin, paling terpencil, dan memiliki industri paling sedikit di dunia. Amerika Serikat dan sekutunya mengambil tindakan militer dan menggulingkan Taliban yang telah memberi perlindungan kepada para pemimpin al-Qā’idah di Afghanistan; menghancurkan infrastruktur teroris, membunuh atau menangkap mayoritas para pemimpin al-Qā’idah; memotong jalur pendanaan al – Qā’idah’s dan menyita asset-asetnya, sehingga organisasi yang dipimpin oleh tersangka teroris Osama bin Laden itu rusak berat. Lebih dari 2000 anggota al-Qā’idah dan sekutunya Sunni militan telah terbunuh sejauh ini. Lebih dari 3.000 warga sipil tewas di Afghanistan sebagai akibat pemboman AS dengan jumlah yang terluka diperkirakan mencapai puluhan ribu.
Pemimpin al-Qā’idah, Osama bin Laden masih hidup. Kita harus menyadari fakta bahwa membunuh atau menangkap Bin Laden tidak akan mengakhiri terorisme. Sebaliknya, generasi baru teroris sudah merangkak naik di berbagai belahan dunia. Gejolak politik di Timur Tengah telah membantu generasi militan baru gaya al-Qā’idah untuk mendapatkan tempat pijakan dimana mereka jarang aktif pada skala tersebut. Setiap hari gerakan baru lahir. Puluhan kelompok yang telah menyatakan diri mereka sebagai cabang al-Qā’idah atau menyerupakan diri mereka sendiri dengannya muncul dalam beberapa tahun terakhir di Jalur Gaza, Lebanon, Yordania, Irak, Mesir, Aljazair, Pakistan dan Yaman. Dugaan persekongkolan untuk menyerang bandara internasional New York’s John F. Kennedy menunjukkan bahwa kelompok-kelompok seperti itu sekarang berkembang biak di Trinidad, Tobago dan Guyana. Jadi bagian selatan Amerika Serikat tidak aman. Potensi ancaman serangan sekarang mucul juga dari Karibia dan Amerika Latin. Oleh karena itu, tampaknya sejauh ini perang melawan terorisme adalah terbukti kontra-produktif.
Setelah Afghanistan, kita pergi ke Irak. Seluruh dunia tahu benar bahwa Irak tidak memiliki peran dalam serangan 11 September dan tidak memiliki hubungan dengan al-Qā’idah. Namun, setelah 9 / 11 serangan, pemerintah AS mengklaim bahwa Irak adalah ancaman bagi Amerika Serikat dengan dalih bahwa Irak bisa mulai menggunakan dugaan Senjata Pemusnah Massal untuk membantu kelompok-kelompok teroris.
Kaum muslim dunia melihat ini hanya alasan untuk menguasai daerah yang kaya minyak, dan itu tidak ada hubungannya dengan dugaan memiliki senjata pemusnah massal. Invasi Irak diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2003. Rezim Saddam segera tumbang, dan hanya 40 hari setelah invasi, pada tanggal 1 Mei 2003, Presiden Bush menyatakan kemenangan di Irak. Tapi apakah kita benar-benar memiliki kemenangan di Irak? Perang masih tetap berlangsung.
Di Vietnam, AS menghabiskan total $ 120 miliar untuk berperang selama delapan setengah tahun. Tahun ini, Senat telah menyetujui $ 120 miliar dana perang hanya untuk tahun berjalan! Total biaya Perang Irak menembus angka sebesar $ 1.2 triliun! Lebih dari 3.500 tentara AS telah terbunuh, dan lebih dari 22.000 personil militer AS telah terluka dalam tindakan sejauh ini. Diperkirakan 67.000 Pemberontak telah dibunuh atau ditahan. Selain itu, lebih dari 600.000 warga sipil Irak tewas [Washington Post] sehingga menyebabkan peningkatan yang luar biasa dalam penderitaan orang-orang biasa di kalangan umat Islam. Dan kita heran mengapa kelompok radikal di antara mereka benci Amerika!! Kita masih ingin tahu mengapa mullah radikal memekik “Kematian untuk Amerika!” Jutaan Muslim Irak – hamper 15% dari populasi – telah meninggalkan rumah mereka sejak invasi pada tahun 2003 [UNICEF]. Setengah dari pengungsi adalah anak-anak.

Jihad dalam Islam
Sebagai istilah Jihad “telah diulang beberapa kali dalam film dokumenter, karena itu, mohon ijinkan saya untuk menjelaskan apa yang dalam Islam adalah Jihad! Ini adalah tragedi besar dalam sejarah Islam bahwa konsep jihad terdistorsi oleh pengkhotbah terlalu bersemangat dan ulama Muslim radikal. Pendiri Jamaah Muslim Ahmadiyah, Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad (a.s.) mengakui tren yang berbahaya ini sama sekali bertentangan dengan ajaran-ajaran Alquran. Lebih dari 100 tahun yang lalu, dalam bukunya berjudul “Pemerintah Inggris dan jihad,” diterbitkan pada tahun 1900 di India, ia menulis,
Harus diingat bahwa hari ini para sarjana Islam (yang dipanggil maulwī) benar-benar salah paham tentang jihad dan menggambarkannya dengan salah kepada masyarakat umum. Hasilnya naluri kekerasan masyarakat umum terbakar dan mereka menanggalkan semua nilai mulia kebajikan manusia… saya tahu dengan pasti bahwa maulwī yang bertahan dalam mempropagandakan doktrin bernoda darah ini sebenarnya bertanggung jawab atas pembunuhan yang dilakukan oleh orang jahil, egoistis… Mereka harus ingat bahwa pemahaman mereka tentang jihad adalah keliru, dan simpati serta kasih sayang kemanusiaan adalah korban pertamanya. (Hal. 8-9)
Semoga Tuhan membawa para maulwī ini kembali ke jalan yang benar! Mereka telah menyesatkan masyarakat untuk percaya bahwa kunci surga terletak pada keyakinan yang menindas, kejam, dan benar-benar tidak bermoral …
Apakah tidak memalukan bahwa orang asing harus dibunuh secara tidak adil sementara mengerjakan urusan sehari-hari, sehingga membuat istrinya menjadi janda, membuat anak-anak yatim piatu, dan mengubah rumahnya menjadi rumah duka? Hadis atau ayat Al-Qur’an yang mana memberi kewenangan perilaku seperti itu? … Orang bodoh mendengar kata jihad, dan menjadikannya alasan untuk pemenuhan hasrat rendah mereka sendiri. Atau mungkin itu adalah semata-mata kegilaan yang condong ke arah pertumpahan darah. (Hal. 14-15)
Tradisi lazim di kalangan umat Islam menyerang orang-orang dari agama-agama lain, yang mereka sebut Jihad, bukanlah Jihad berdasarkan Hukum Ilahi (Shariah). Sebaliknya, itu adalah dosa yang memilukan dan pelanggaran terhadap perintah yang jelas dari Allah dan nabi-Nya. (Hal. 20)
Dengan demikian, beliau memberi keputusan yang jelas bahwa membunuh orang tak berdosa atas nama jihad dilarang dalam Islam. Siapapun yang berperang dengan dalih palsu adalah musuh Allah. Lebih jauh lagi, beliau saw. mengatakan bahwa mereka yang terlibat dalam aksi teror atas nama jihad akan benar-benar dipermalukan dan dikalahkan di akhir!
Kesucian Kehidupan: Al-Qur’an mengajarkan kesucian kehidupan manusia dan menegaskan kembali ajaran-ajaran Bibel bahwa barangsiapa membunuh satu orang dengan tidak adil, maka akan seolah-olah ia membantai semua umat manusia; dan barang siapa yang menyelamatkan satu kehidupan, itu akan seolah-olah ia telah melindungi kehidupan seluruh umat manusia (5:33). “Janganlah kamu membunuh jiwa yang Allah telah membuat suci” (6:152). Pembunuhan yang tidak bersalah dan melakukan bunuh diri keduanya adalah dosa mengerikan dalam Islam. Quran melarang bunuh diri (4:30), dan ini merupakan dosa yang tidak terampuni dalam Islam.
Al-Qur’an telah memberikan petunjuk yang komprehensif menentang semua pikiran dan rencana-rencana jahat, semua jenis perilaku kasar dan setiap bentuk kekejaman dan ketidakadilan. Al-Qur’an memberikan perintah untuk melindungi orang, harta benda, kehormatan atau nama baik orang lain. Al-Qur’an jelas menyatakan dalam kata-kata, Allah tidak menyukai orang-orang yang membuat kekacauan di bumi (5:65) dan (28:77); Dia tidak menyukai orang yang tidak adil (3:57); dan tidak mengasihi orang yang melampaui batas (2:191) dan (5:88).
Apa makna sebenarnya dari Jihad? Jihad tidak berarti “Perang Suci.” Artinya berjuang, pendapat dan mengambil tindakan yang didedikasikan untuk tujuan yang mulia: Dalam bahasa Arab, Jihad adalah kata benda verbal yang berasal dari akar jahada, yang didefinisikan sebagai membanting tulang mengerahkan daya, upaya, usaha, atau kemampuan dalam bersaing dengan objek celaan (An Arab-Inggris Lexicon, Edward Lane).
Ternyata, jihad dalam Islam ada berbagai jenis. Berbagai istilah telah digunakan untuk membuat perbedaan di antara mereka, seperti: jihad hati, jihad lidah, dan jihad dengan pena. Jihad terbesar dalam Islam adalah berusaha teguh dalam iman, dan mengatasi godaan dosa dalam diri sendiri.
Jihad dalam Alkitab: Bagi orang Kristen akan mudah untuk memahami konsep jihad oleh beberapa contoh yang diambil dari Alkitab: Dalam Lukas 13:22-24, Alkitab mengatakan tentang Yesus Kristus, “Dan dia pergi melalui kota-kota dan desa, mengajar, dan berperjalanan menuju Yerusalem. Kemudian berkata salah seorang kepada-Nya, “Tuhan, apakah ada beberapa yang diselamatkan?” Dan ia berkata kepada mereka: “Berusahalah untuk masuk gerbang yang sempit: bagi banyak orang, Aku berkata kepadamu, akan berusaha untuk masuk, dan tidak akan mampu.” Perjuangan ini dan upaya sepenuhnya untuk memasuki gerbang sempit-(yang Alquran menyebutnya jalan yang lurus) adalah bentuk tertinggi dari Jihad dalam Islam.
Dari perspektif Islam, St Paulus meminta jemaat Filipi untuk terlibat dalam jihad ketika ia menulis kepada mereka,
Supaya kamu berdiri teguh dalam satu roh, dengan satu pikiran, berjuang bersama-sama untuk iman dari Injil. (Filipi 1: 27)
Dalam Islam, berjuang dengan Al-Quran adalah disebut Perjuangan Besar – Jihādan Kabīran (25:53).
Sekali lagi, dalam Surat Pertama kepada Timotius, St Paulus menulis,
Saya menunutut hal ini pada Anda … berjuanglah dengan perjuangan yang baik; memegang iman, dan hati nurani yang baik. (Timotius 1:18)
Dalam Surat yang sama, St Paulus menulis,
Tetapi orang yang mau menjadi kaya, tergoda dan terjerat oleh bermacam-macam keinginan yang bodoh dan yang merusak. Keinginan-keinginan itu membuat orang menjadi hancur dan celaka. Sebab dari cinta akan uang, timbul segala macam kejahatan. Ada sebagian orang yang mengejar uang sehingga sudah tidak menuruti lagi ajaran Kristen, lalu mereka tertimpa banyak penderitaan yang menghancurkan hati mereka. Tetapi engkau adalah orang milik Allah, jadi engkau harus menjauhi semuanya itu. Berusahalah menjadi orang yang benar di mata Allah, yang mengabdi kepada Allah, percaya kepada Kristus, mengasihi sesama, tabah dalam penderitaan, dan bersikap lemah lembut. Berjuanglah sungguh-sungguh untuk hidup sebagai orang Kristen supaya engkau merebut hadiah hidup sejati dan kekal. Sebab untuk itulah Allah memanggil engkau pada waktu engkau mengakui di hadapan banyak orang bahwa engkau percaya kepada Kristus. (Timotius, 6:9-12)
Berjuang melawan yang baik, memegang iman dan hati nurani yang baik, berpijak terus pada kehidupan kekal inilah yang kita sebut Jihad yang sebenarnya dalam Islam. Inilah masuk melalui pintu gerbang yang sempit. It is staying on the straight path. inilah tetap berada pada jalan yang lurus.
Bentuk berikutnya Jihad adalah perjuangan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat dengan membuang kejahatan sosial dan membangun nilai-nilai moral yang baik. Ini adalah jihad melawan kemiskinan, kebodohan, penyakit, kelaparan, imoralitas dan kejahatan. Reformasi sosial dan moral di bawah bimbingan Al-Qur’an disebut “Jihādan Kabīran”—” perjuangan yang hebat”—Jihad Besar (25:53). Bentuk terakhir Jihad adalah untuk menangkis agresi bersenjata untuk membela diri untuk mempertahankan kebebasan beragama. Dibandingkan dengan bentuk-bentuk lain jihad, berjuang melawan musuh bersenjata dan agresif dalam Islam disebut Jihādan Saghīran—jihad kecil.
Al-Qur’an mengatakan,
Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah, benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu, (yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: “Tuhan kami hanyalah Allah.” Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid- masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (22:40-41)
Konsep jihad ini lebih dekat dengan ajaran Kristen tentang “perang yang adil.” Tapi itu bukan yang disebut sebagai “perang suci” dalam Islam. Pemikiran Barat modern, sangat dipengaruhi oleh istilah “perang suci” dari era Perang Salib, mencoba menggambarkan jihad sebagai perang Islam terhadap semua non-Muslim. Tapi yang paling jelas, izin untuk melawan bukan untuk menghancurkan gereja-gereja, kuil atau sinagog. Sebaliknya, Alquran menjelaskan bahwa itu adalah untuk melindungi mereka bersama-sama dengan melindungi masjid-masjid. Dengan kata lain, itu adalah untuk melindungi kebebasan beragama bagi semua orang yang menyembah Allah sesuai dengan tradisi iman mereka sendiri.
Jihad rohani paling besar, yakni berdiri teguh dalam iman terhadap godaan setan dan kejahatan sosial adalah alami permanen—sebuah kewajiban yang berkelanjutan untuk semua umat Islam. Tapi jihad kecil, berjuang untuk membela diri hanya sesekali dan terbatas, dan dilakukan hanya dalam situasi krisis. Hanya kepala negara yang sah memiliki kewenangan untuk menyatakan perang. Setiap pengkhotbah atau seseorang yang mengangkat diri sendiri pemimpin, atau ulama tidak memiliki hak untuk menyatakan sebuah perjuangan bersenjata melawan agresor. Selain itu, aturan ketat yang mengatur perilaku perang harus ditaati misalnya, yang tidak ada hubungan dengan peperangan tidak dapat dibunuh. Perempuan, anak-anak, orang tua dan para pendeta atau biarawan tidak boleh dijadikan target. Properti tidak boleh dihancurkan. Menodai mayat adalah dilarang. Tawanan perang harus diperlakukan secara manusiawi.
Komunitas Muslim Ahmadiyah percaya bahwa doktrin jihad telah seluruhnya sesat oleh apa yang disebut “fundamentalis” dan perlu diselamatkan, dan para pelaku agar dihentikan dengan segala cara yang mungkin.

Apa yang Harus dilakukan Didepan?
Sekarang muncul pertanyaan, Apa yang bisa kita lakukan bersama—Muslim dan Kristen yang tinggal di Amerika Serikat? Saya rasa itu adalah suatu keharusan bahwa kita harus meninjau kebijakan luar negeri Pemerintah dengan kritik-diri yang jujur, dan minta kepada para pembuat hukum dan Administrasi yang terpilih untuk menghindari semua tindakan seperti yang kontraproduktif, dan bukannya mengurangi terorisme malah sebenarnya lebih membantu kelompok-kelompok teroris muncul di kalangan muslim radikal.
Amerika harus dibuat sadar akan kondisi yang menyedihkan para pengungsi Kristen dan Muslim Palestina. Kita perlu lebih bersimpati pada penderitaan dan hak mereka untuk kembali ke tanah air mereka dan mendapat kehidupan yang layak. Selain itu, hak asasi minoritas agama-agama perlu dilindungi. Publik Amerika pada umumnya dan masyarakat berbasis keagamaan khususnya telah menjadi lebih vokal dan lebih efektif dalam menjaga hak asasi manusia dari pelanggaran –baik itu Muslim atau Kristen ataupun komunitas keyakinan lain. Demikian pula, bantuan kemanusiaan perlu diberikan kepada para korban perang di Afghanistan, Irak dan warga sipil Muslim dan Kristen di Palestina.
Gereja-gereja di Amerika perlu bekerja sama dengan muslim moderat. Kita harus mencoba untuk menjaga terhadap menghakimi Islam dengan standar ganda. Kita berbeda menafsirkan teks-teks kekerasan dalam Alkitab dalam konteks sejarah mereka, tapi kami mengambil ayat-ayat dari Al-Qur’an untuk membuktikan seolah-olah Islam mengajarkan kekerasan terus-menerus. Kepemimpinan iman Kristen, baik Katolik atau Protestan, daripada merendahkan Islam dan Nabinya, seharusnya mengutuk serangan terhadap Islam yang dilakukan secara teratur melalui media, dan oleh beberapa pemimpin Kristen. Serangan Kristen terhadap Islam atau Nabi Suci (saw) tidak membantu memecahkan masalah. Mereka benar-benar memperburuk situasi tegang sekarang. Tidak ada Muslim yang pernah menghina Yesus atau Musa, bahkan yang paling benci dan yang radikal sekalipun. Mereka mengungkapkan penuh rasa hormat untuk mereka sebagai nabi dan orang-orang pilihan Allah.
Kita perlu mengadakan perang informasi melawan kebencian-khotbah mulla dan melawan ideologi jihad menyimpang mereka. Komunitas Ahmadiyya Muslim telah memimpin upaya membantah akidah ulama radikal modern seperti Maulana Maududi, Hasan al-Banna, Sayyid Quthb dan ‘Abd al-Salam Faraj. Mereka semua diundang untuk membaca Murder in the Name of Allāh (1953) oleh Hadhrat Mirza Tahir Ahmad – Spiritual Keempat Kepala Masyarakat Muslim Ahmadiyah Internasional.
Kaum muslim yang tinggal di Barat membutuhkan dukungan Anda untuk mendidik anggota Gereja dengan mengedarkan literatur anti-radikal yang dihasilkan oleh Muslim moderat dan cinta damai, terutama oleh kepemimpinan Ahmadiyah. Untuk melawan propaganda radikal seperti “Islam diserang oleh Barat,” “Islam dalam bahaya;” atau “Amerika Memimpin Barat untuk menaklukkan negeri-negeri Muslim untuk menghancurkan Islam,” Saya menyarankan agar kita, kaum muslim yang tinggal di barat, harus menunjukkan bahwa Islam tidak dalam bahaya di Barat; kita bebas untuk berlatih dan meningkatkan iman kita di Amerika; banyak masjid yang datang, dan jumlah umat Islam sedang berkembang pesat.
Ada kebutuhan terus menerus akan dialog antaragama, dan kesamaan-kesamaan antara Islam dan Kristen yang perlu diuraikan. Al-Quran menekankan bahwa Ahli Kitab—orang Muslim, Yahudi dan Kristen, harus bekerja sama dalam nilai-nilai yang umum dipegang. Kita harus mempromosikan nilai-nilai bersama kita cinta, saling menghormati, toleransi dan kebebasan ibadah Kita harus meningkatkan pemahaman kita tentang keyakinan ‘tetangga’ kita. Bagi orang Kristen, itu akan membantu untuk menghilangkan kesalahpahaman yang ada tentang Islam, yang merupakan agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen, dan merupakan agama paling cepat berkembang, tidak hanya di luar sana, tetapi juga di Eropa dan di Amerika negeri kita sendiri.
Di masa lalu, orang-orang Yahudi, Kristen dan kaum muslim telah bekerja bersama dalam kemajuan ilmu pengetahuan, kedokteran, filsafat dan banyak bidang lain. Sekarang saatnya untuk menciptakan sebuah budaya baru ko-eksistensi dan kerjasama. Daripada memikirkan benturan peradaban, mari kita pikirkan bersama-sama untuk menciptakan peradaban baru Yudeo-Kristen Islami didasarkan pada saling menghormati, cinta, kedamaian dan keadilan!
Tugas ke depan adalah tidak mudah untuk mencapai, tetapi kami memiliki harapan untuk masa depan. Kita mempunyai keinginan untuk bekerja keras, dengan kesabaran dan ketabahan. Tolong izinkan saya untuk menyimpulkan pernyataan saya dengan mengutipkan sebuah puisi kecil berjudul “Cinta Bisa Tunggu” ditulis oleh Lon Woodrum, seorang penulis, guru dan pendeta Kristen:

Cinta Dapat Menunggu
Kebencian gelisah
Dengan cepat tidak sabar,
Bertekad untuk melihat jatuhnya kasihan
Dan akhir dari iman,
Demam untuk melihat
Benderanya hancur
Dalam kegelapan meliputi padang kematian.
Tapi cinta itu sabar
Sampai semua waktu telah berlalu;
Cinta menunggu Allah,
Teguh dalam berdirinya
Tidak peduli apa yang tahun
Dapat bawa,pada akhirnya
Segala usia dikumpulkan,
Untuk perintah-Nya.

• Author: Mubasher Maulana Ahmad, Juru Bicara Ahmadiyah Muslim Community, US.
• Judul Asli: “Obsession: Radical Islam’s War against the West: A Response”
• Diterjemahkan dengan Google Translate
Diedit dan disempurnakan oleh: Abunaweed

2 thoughts on “OBSESSION: Perang Islam Radikal terhadap Barat: Sebuah Tanggapan

    1. Mari kita berjihad kabir, yakni berjihad meninggikan agama Islam dengan hujjah-hujjah Alquran sampai musuh2 menjadi bungkam. Allah swt memerintahkan kepada kita, “… dan berjihadlah kamu terhadap mereka (orang-orang kafir) dengan Alquran. Yakni jihad yng besar”. (25:52)

Leave a comment